Saat ini, mungkin kita sering melihat ilustrasi kota Atlantis di dalam film fiksi maupun kisah dongeng anak-anak. Kota Atlantis digambarkan sebagai sebuah kota yang indah dan mewah. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah, apakah kota Atlantis itu benar-benar ada? Semua pembahasan seputar kota Atlantis bermula dari buku berjudul Kritias (Critias) yang ditulis oleh Plato. Plato merupakan seorang filsuf sekaligus matematikawan yang berasal dari Yunani. Dalam buku Kritias, Plato menulis bahwa dirinya pernah berkunjung ke kota Atlantis yang terletak di tengah-tengah Samudera Atlantik. Menurut pandangan Plato, kota tersebut memiliki rupa yang sangat indah, selain itu kota Atlantis juga sangat makmur dan sejahtera. Hampir semua orang yang tinggal di kota Atlantis menghabiskan waktunya hanya untuk bersenang-senang. Namun hingga saat ini, pernyataan Plato tentang fakta kota Atlantis yang ia curahkan dalam buku Kritias masih tidak bisa dibenarkan.

Berbagai Fakta Kota Atlantis yang Hilang

Seperti yang dikutip dari laman History, kota Atlantis dikabarkan tenggelam ke dasar lautan dalam waktu satu hari satu malam. Pandangan para peneliti terkait penyebab tenggelamnya kota Atlantis juga masih banyak diperdebatkan, namun penyebab yang paling mendasar adalah akibat diterpa bencana alam yang dahsyat, sehingga kota Atlantis tersebut akhirnya tenggelam ke dasar lautan yang sangat dalam. Hingga saat ini keberadaan kota Atlantis masih sangat misterius. Para ahli dan peneliti yang menelusuri wilayah Samudera Atlantik juga tidak menemukan adanya tanda-tanda kota yang pernah tenggelam di wilayah tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak pihak-pihak yang mengaku telah menemukan barang-barang yang diklaim berasal dari kota Atlantis seperti patung, pot bunga, dan serpihan tembok. Namun hasil penelitian terkait benda-benda tersebut tidak berkata demikian, semua benda yang diklaim berasal dari kota Atlantis tidak ada satupun yang terbukti benar. Hingga saat ini pencarian terhadap tanda-tanda keberadaan kota Atlantis juga masih terus dilakukan oleh banyak ahli, sebab mereka masih yakin jika kota Atlantis memang benar-benar ada.

Selain itu, kabar yang cukup menghebohkan juga datang dari seorang profesor nuklir sekaligus ahli geografis, yaitu Prof. Arysio Nunes dos Santos. Menurut pandangan Prof. Arysio, fakta kota Atlantis yang dinyatakan hilang di dasar lautan Samudera Atlantik merupakan sebuah kekeliruan. Menurut pandangannya, kota Atlantis berada di dasar lautan Indonesia. Hasil penelitian ini dituliskan oleh prof. Arysio dalam bukunya yang berjudul “Atlantis The Lost Continent Finally Found” yang diterbitkan pada tanggal 1 Agustus 2005 silam. Menurut Prof. Arysio, tanda-tanda dan hasil penelitian tentang kota Atlantis yang selama ini dilakukan oleh para ahli geografis (termasuk dirinya sendiri) banyak yang merujuk pada wilayah laut Indonesia. Tapi hingga saat ini pernyataan Prof. Arysio juga masih tidak bisa dibenarkan, sebab tidak ada tanda-tanda yang berhasil ditemukan untuk mendukung pernyataannya tersebut.

Berdasarkan pandangan Plato, kota Atlantis memiliki emas yang sangat banyak. Selain itu para warga kota Atlantis juga memiliki ilmu gaib yang bisa menentukan cuaca, membuat gunung meletus, bernapas di dalam air dan juga memiliki kemampuan militer yang sangat kuat. Berdasarkan hal-hal semacam inilah para peneliti masih terus berusaha mencari keberadaan kota Atlantis yang hilang tenggelam ditelan lautan. Akhir kata, apakah kalian benar-benar percaya bahwa kota Atlantis itu memang benar-benar ada?