Acara Sekolah, seperti pentas seni, mungkin sebuah acara bazaar setelah graduation di penghujung tahun ajaran, atau peringatan hari kemerdekaan, atau hari hari tertentu dalam jangka waktu 1 tahun ajaran, perlu banget lho dipersiapkan secara matang, terkonsep dan terencana. Apalagi, karena acara sekolah, melibatkan banyak pihak, termasuk murid, guru, yayasan sekolah, orang tua murid, bahkan, pihak luar yang mungkin diundang untuk sama – sama menikmati rangkaian acara. Sehingga penting, untuk membuat konsep dan perencanaan yang matang, agar acaranya jadi meriah dan bisa dinikmati oleh semua yang hadir di tengah acara. Gimana sih bikin acara sekolah, jadi tambah meriah ?

Untuk membuat acara jadi meriah, pertama – tama, kita perlu tahu dulu nih, apa definisi acara yang meriah itu ? Apakah acara yang bertabur dengan bintang ? Banyak artistnya ? Berbiaya mahal ? atau mungkin acara dengan banyak aktivitas kompetisi atau lomba ? Biaya secukupnya ? dan semua orang bisa menikmati rangkaian acaranya ?
Pastikan kalian punya definisi sendiri tentang arti acara yang meriah itu.

Kalau sudah tahu, apa definisi meriah menurut kalian sebagai penggagas acaranya, maka, ini waktu untuk kalian menentukan apa sebenarnya yang mau dicapai dari pelaksanaan acara ini. Apa sih sebenarnya tujuan acaranya ? Untuk siapa acara ini ditujukan ? Apakah untuk membantu pihak sekolah dalam mempromosikan kegiatan – kegiatan positif sekolah, atau memang sekedar memberikan 1 hari yang menyenangkan sebagai hiburan bagi anak – anak, juga sebagai penyegaran, supaya mereka nggak stress dan bisa kembali besoknya dengan energi dan semangat yang baru. Nah, yang mana nih kira kira yang pas sebagai tujuan dari pelaksanaan acara kalian.

Baru deh kita menentukan konsep acaranya dan apa content yang akan mendukung konsep acara. Kalau definisi meriah menurut kalian adalah anak – anak bisa bermain dan bergembira dengan berbagai macampermainan kompetisi yang seru dan menyenangkan, kalian punya mitra yang hebat, yang bisa bantu kalian untuk menyiapkan semua aktivitas bermain berikut dengan perlengkapannya, dan kalian tahu kan ya harus menghubungi kemana ??