Adu Kuat, kompetisi mengadu kekuatan bisa dilakukan dengan banyak cara. Tapi yang paling seru, memang membuat kompetisi adu kekuatan dengan menggunakan bantuan alat. Alatnya macam – macam, bisa juga berupa mesin permainan, seperti yang dipergunakan oleh teman teman management perusahaan produsen rokok ternama di Surabaya tempo hari. Jadi ceritanya dari HR mereka, melaunching sebuah program yang kaitannya dengan konsistensi dan kedisiplinan, nggak ada kaitannya ya dengan kekuatan, tapi kenapa mereka memilih permainan Adu Kuat ini ?

Permainan Adu Kuat dengan menggunakan mesin permainan bernama Street Cobra, sengaja dipasang di bagian lobby kantor dari perusahaan tersebut. Setiap siang hari, menjelang jam makan siang, peserta yang ikut dalam program HR tadi berkesempatan untuk memukulkan palu ke targetnya dan mendapatkan score berdasarkan kekuatan pukulan mereka. Sore hari, sebelum mereka pulang, mereka melakukan lagi hal yang sama. Dan begitu terus menerus selama 1 minggu berturut – turut. Apa yang diharapkan dari kompetisi ini ? Apa juga sih yang diharapkan dengan membuat aktivitas kompetisi tersebut ?

Mungkin sebagai orang awam, kita nggak akan kepikiran mengenai apa yang mereka pikirkan, apa yang orang – orang HR ini pikirkan dalam konteks latihan konsistensi, kedisplinan, dan apa korelasinya dengan kekuatan! Otak kita terlalu dangkal untuk memahami apa maksud dari semua ini, sampai akhirnya, kami memberanikan diri untuk bertanya kepada client yang menggunakan jasa kami. Mau tahu jawabannya ?

Karena dalam konteks konsistensi dan kedisiplinan, diperlukan upaya terus menerus yang tak kenal lelah, nggak boleh cape dan menyerah, maka penggunaan permainan Pukul Palu Street Cobra, setiap hari, merupakan bagian dari experiental learning. Bagian HR ingin memberi tahu, bahwa melakukan satu hal secara konsisten terus menerus, akan berdampak pada peningkatan kemampuan kita. Dan ini diperlihatkan dengan sebuah pengalaman yang dirasakan sendiri oleh para peserta, hari 1, mereka memukul, dan mendapatkan score 15, sore hari mereka memukul mendapatkan score 18. Keesokan hari dan seterusnya sampai program ini usai, mereka mendapatkan peningkatan setahap demi setahap dan ini jadi bukti yang kuat, bahwa konsistensi membuat hasil meningkat secara perlahan. Boleh juga ya idenya ?