Acara PromosiAcara promosi, sesuai dengan namanya, memang ditujukan untuk mempromosikan brand produk. Tapi kebayang nggak sih, kalau nggak ada sesuatu yang menarik didalam acaranya, nggak ada content acara yang membuat pengunjung yang datang berinteraksi dan terlibat didalamnya, sehingga aktivitas komunikasinya hanya satu arah saja dari pemilik brand produk, kira – kira apa yang akan terjadi ya ? Kira – kira, akan efektif nggak ya untuk membuat tujuan diadakannya acara promosi ini jadi tercapai ?

Karena client pengguna jasa kami didominasi oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang event organizer, kami jadi banyak belajar tentang bagaimana kerangka berpikir kreatif, atau ide dasar yang sering dipergunakan oleh mereka dalam membuat konsep acara dan bagaimana mengeksekusinya. Kebanyakan berangkat dari pemikiran tentang apa tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan sebuah acara. Tujuan ini, tentunya adalah hasil dari pemikiran client mereka, si empunya brand product, yang diterjemahkan oleh event organizer dalam konsep acara yang sesuai guna mencapai tujuan tersebut.

Untuk acara promosi, tujuan utamanya adalah mempromosikan brand produk, sehingga terjadi penjualan atau peningkatan penjualan pada kurun waktu tertentu. Untuk membuat ini menjadi nyata, maka, orang – orang yang diundang untuk datang ke acara pun, adalah target market yang menurut mereka sudah sesuai. Gimana cara mengundang mereka ? Apalagi kalau acara promosi diadakan di area publik ? Salah satunya adalah dengan membuat isi acara yang punya daya tarik. Nah, daya tarik yang dimaksud, tentu adalah, hal – hal apa yang membuat target audiences yang datang, menikmati sesuatu, merasa menjadi bagian dari acara, mendapatkan pengalaman untuk berinteraksi dengan brand product, atau mendapatkan sesuatu yang punya nilai ekonomis. Itu sih menurut kami ya 🙂

Salah satu content yang bisa dihadirkan dan punya daya pikat adalah, menggunakan media hiburan, seperti musik dengan group musik populer, atau menggunakan aktivitas bermain yang dibuat menjadi sebuah kompetisi dengan hadiah sebagai tambahan daya tariknya. Hadiah, memang masih jadi daya tarik terbesar, karena semua orang suka kalau diberikan hadiah, cuma bedanya, mereka perlu melakukan sesuatu untuk mendapatkan hadiah tersebut. Dengan begitu, maka target audiences datang dengan sendirinya karena komunikasi tentang hal – hal yang menjadi daya tarik terkirim ke mereka. Sekarang pikirin deh, gimana caranya mengkomunikasikan daya tarik itu, sebelum pelaksanaan acara dimulai.