Tips Acara, Biar Jadi Meriah

Artikel Berfaedah,Rekomendasi

Tips AcaraTips acara, yang kami tulis pada artikel kali ini, didasarkan pada beberapa pengalaman kami bekerja sama dengan banyak perusahaan event organizer. Dari pengalaman tersebut, yang kami perhatikan ada hal – hal yang membuat acara jadi meriah dan artinya meriah adalah semua orang merasa terhibur dengan semua content acara yang dipersiapkan. Tapi sebelum sampai pada menentukan content acara, ada hal – hal penting untuk dibahas, apa sajakah itu ?

Buat acara jadi meriah, salah satu yang bisa dilakukan, tentu saja dengan membuat content acara yang menyenangkan dan bisa dinikmati oleh semua kelompok usia yang datang ke acara tersebut. Sebelum menentukan content apa saja yang akan menjadi muatan dari rangkaian acara, ternyata para perusahaan event organizer, melakukan beberapa hal, diantaranya adalah membuat konsep acara. Konsep yang mereka buat disusun berdasarkan serangkaian pertimbangan matang, juga berdasarkan data – data yang mereka kumpulkan. Diantaranya adalah mereka membuat pemetaan target audiences yang akan datang ke acara tersebut. Siapa saja yang akan datang ? Kelompok usia berapa saja yang datang ? Lebih banyak pria atau wanita ? tingkat pendidikan, tingkat kesejahteraan dan variabel lain, yang akhirnya dari situ, mereka menentukan apa sih aktivitas yang bisa mereka nikmati, bisa cocok dengan semua profil yang sudah dikumpulkan. Bukan berarti cocok juga semuanya sih, tapi setidaknya mendekati.

Mereka juga membuat beberapa survey ringan, seperti mempelajari jenis – jenis acara yang sama, apa saja sih yang dilakukan sebagai bagian dari aktivitas acaranya ? lokasinya dimana ? bagaimana respon audiences yang datang. Dari masukan ini juga, akhirnya mereka membuat isi acara yang pastinya merupakan perbaikan dari jenis jenis acara yang tadi sudah mereka pelajari. Bisa jadi, content-nya dibuat lebih sedikit, dengan perubahan pada hal – hal tertentu, bisa jadi juga, content acara jadi lebih banyak tapi fokus menyasar kelompok usia yang sama. Ada banyak variasi sih kalau sudah begini.

Tapi, nggak bisa dipungkiri, salah satu yang membuat daya tarik sebuah acara sehingga jadi meriah, adalah pilihan dari aktivitas yang diusulkan. Apakah sesuai dengan kelompok usia dan profil lainnya dari target audiences tadi atau tidak. Bagian lain yang juga kami simpulkan adalah, rangkaian acara juga jadi lebih meriah dengan pilihan aktivitas yang sifatnya interaksi, jadi menjadikan mereka bukan audiences yang pasif, yang cuma nonton acara doang, tapi juga aktif berkegiatan. Diantaranya adalah dengan aktivitas bermain dimana mereka jadi pesertanya.

Tags :

Artikel Berfaedah,Rekomendasi

Share :

Recent Post