Wahana Tong SetanWahana Tong Setan, salah satu atraksi hiburan yang melibatkan hal – hal yang secara kasat mata dianggap nggak rasional. Bahkan, Tong stand, menjadi Tong Setan, karena dianggap ada hal – hal mistis disana yang membuat para rider yang mengendarai motornya bisa melakukan beragam aksi menegangkan. Ada juga yang berpendapat, bahwa rider pengendara motor, memiliki ilmu magic yang berasal dari ritual tertentu. Sementara yang lain, berasumsi bahwa motor yang digunakan sudah dimasuki oleh roh setan sehingga bisa berputar dengan baik. Apakah memang benar begitu adanya ?

Apakah setan punya peran dalam membuat atraksi ini jadi seseru itu ?

Kalau kalian juga punya pemikiran seperti itu, mungkin ini saatnya untuk kalian menanggalkan semua cerita mistis yang pernah kalian dengar, yang akhirnya membuat sebuah pemikiran dan sudut pandang, bahwa atraksi tong setan, memang diperankan oleh setan atau mahkluk halus atau keajaiban dari dunia lain yang tak tampak oleh mata. Beberapa hal yang kami jabarkan pada artikel kali ini, mungkin akan membantah semua pemikiran nggak logis yang ada di kepala kalian, karena apa yang kami sampaikan, merupakan hal – hal logis dan berdasarkan ilmu pengetahuan. Jadi, siap untuk mengetahui, apakah memang benar setan punya peran dalam atraksi tong setan.

Konsistensi adalah ibu dari semua keahlian. Keahlian yang dimiliki oleh para pengendara atraksi tong setan, murni merupakan sebuah keahlian yang dilatih terus menerus, bukan karena magic, roh makhluk halus atau setan yang mengendalikan motornya, juga bukan karena ritual khusus yang harus dilalui. Ini sesuatu yang logis, sama seperti dalam kehidupan nyata, untuk jadi jago dalam hal tertentu, kalian harus latihan terus menerus, dimana agar terampil dalam mengendarai motor yang bisa berputar dengan sudut kemiringan 70 sampai 90 derajat, maka perlu banyak latihan, dan ketika sudah terbiasa, maka, atraksi ini buat pengendaranya, jadi sesuatu yang biasa.

Teori fisika akan menjelaskan atraksi ini. Dari halaman science ABC, ada sebuah penjelasan yang masuk akal dan sangat logis, yang akan membantu kita memahami bagaimana Wahana Tong Setan ini bekerja. Ketika rider mulai menjalankan motor mereka dan motor mulai bergerak di dinding, ada beberapa gaya dalam teori fisiki yang memiliki peran. Gaya gravitasi yang bekerja dari bagian bawah, berkolaborasi dengan gaya gesek yang menyentuh langsung ban sepeda, sementara gaya sentripetal mengarahkan sepeda motor dari pusat lingkaran ke dinding. Secara sederhana, agar bisa dipahami, hal yang membuat sepeda motor tidak terjatuh, disebabkan karena gaya gesek dan gravitasi bekerja untuk menyeimbangkan satu sama lain, meskipun mereka bekerja dalam arah yang berlawanan. Yang penting sebenarnya adalah gaya gesek yang diakibatkan oleh ban motor, perlu didukung dengan kecepatan motor yang cukup. Pengendara sepeda motor yang beraksi perlu untuk menghasilkan kecepatan minimum untuk menghasilkan gaya gesek yang maksimal. Hal ini sangat penting, karena jika gaya gravitasi lebih besar, maka sepeda motor akan meluncur ke bawah dan pengendara akan jatuh. Gesekan menjadi kuat, jika kecepatan meningkat, tapi kecepatan yang makin meningkat, akan membuat kondisinya sepeda motor jadi lebih sulit diarahkan. Inilah yang membuat banyak pengendara sepeda motor dari atraksi tong setan, perlu banyak latihan, agar mereka tetap dapat mempertahankan tingkat kecepatan secara konstan.

Tanpa adanya setan di wahana tong setan, atraksi yang mulai langka ini, cukup seru untuk dinikmati. Makanya nggak heran, atraksi ini mulai banyak dipergunakan untuk mendukung pagelaran event, mulai dari konser musik, rave party hingga acara pameran tahunan di kota – kota besar. Hubungi kami untuk mengetahui lebih banyak bagaimana wahana tong setan ini bisa ditempatkan di area event kalian. Dan nggak perlu takut, karena sudah dipastikan tidak ada setan di wahana ini 🙂