Cara Melatih KeberanianCara melatih keberanian, khususnya keberanian menghadapi ketinggian, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Ada berbagai macam cara yang sebenarnya sederhana untuk membuat kalian terbiasa dengan ketinggian, karena secara logis, mari kita lihat banyak pemikiran yang beredar di luar, bahwa kita bisa karena kita terbiasa! Untuk apapun itu, keberanian sebenarnya bisa dilatih dengan terus menerus melakukan kebiasaan kecil secara konsisten. Beberapa cara melatih keberanian, berdasarkan pengalaman kami, bisa kalian praktekkan dan setahap demi setahap dilakukan secara konsisten, apakah akan berhasil ?

Ada banyak phobia, ketakutan, pada beberapa hal yang sebenarnya normal, hanya saja, pandangan orang di luar sana yang menjadikannya tidak normal. Mereka nggak tahu apa cerita yang melatarbelakangi ketakutan kita terhadap sesuatu. Salah satu yang sangat umum, adalah Acrophobia atau takut terhadap ketinggian. Mengatasi takut terhadap ketinggian bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana melalui cara melatih keberanian yang dilakukan bertahap.

Dimulai dari mengetahui apa sih sebenarnya yang membuat kalian takut pada ketinggian, apakah pernah ada pengalaman yang membuat kalian merasa trauma ? apakah kalian merasa takut jatuh karena sebuah peristiwa yang pernah kalian alami sebelumnya. Dengan mengetahui apa penyebabnya, maka kalian juga akan mengetahui apa indikasinya kalau kalian lagi merasa takut pada ketinggian, selain saat kalian berdiri di ketinggian. Untuk yang sudah akut, biasanya dampak yang ditimbulkan dari ketakutan ini sampai seluruh anggota badan tidak dapat digerakkan, serangan panik yang dibarengi dengan sulit bernafas dan kepala pusing, kunang – kunang, saat mengarahkan pandangan ke bawah. Latihan bertahap dengan tetap rileks dan mengatur pernafasan.

Cara melatih keberanian yang paling sederhana adalah dengan melakukan. Melakukan apa ? Tantangannya! Apa yang kalian takutkan dan kalian ingin ketakutan itu berkurang bahkan bisa menghilang, adalah dengan melakukan hal apa yang paling kalian takutkan itu. Tentu saja, tidak sembarangan melakukannya ya. Pertimbangkan dengan cermat resiko buat keamanannya. Misalnya saja, kalian takut pada ketinggian, nah, latihan apa yang bisa menjadi cara melatih keberanian kalian ? Mau langsung extreme, ikut rope course – permainan di ketinggian dengan menggunakan tali temali – seperti flying fox yang sudah dilengkapi dengan semua peratalan pengamanan adalah salah satunya. Kalau memang mau berani dan kalian merasa sudah muak dengan ketakutan ini, gunakan cara melatih keberanian yang maximal, tapi pastikan keamanannya. Flying Fox adalah satu pilihan untuk yang extreme, tapi setelah kalian memutuskan untuk melompat dan meluncur di atas flying fox, tidak ada lagi alasan untuk takut, dan ini akan berdampak pada hal lain dalam kehidupan kalian, termasuk menjadi berani mengambil resiko untuk apapun yang kalian perlu hadapi dalam hidup kalian.